Seno Gumira Ajidarma dan pelajaran mengarang: penelusuran intensi pengarang dan studi struktural menurut sistem kode Roland Barthes

Suwondo, Tirto (1996) Seno Gumira Ajidarma dan pelajaran mengarang: penelusuran intensi pengarang dan studi struktural menurut sistem kode Roland Barthes. Majalah Bahasa dan Sastra (3). pp. 14-28.

[img]
Preview
Text
SENO GUMIRA ADJIDARMA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Judul di atas mengisyaratkan adanya pemahaman terhadap dua hal, yaitu Seno Gumira Ajidarma dan “Pelajaran Mengarang”. Karena Seno Gumira Ajidarma adalah penulis teks cerpen “Pelajaran Mengarang”, Kedekatan hubungan itu pada mengisyaratkan bahwa pemahaman terhadapnya dapat disintesiskan. Oleh karenanya, pendekatan yang dipergunakan dapat ditekankan pada aspek hubungan antara teks (sastra) dan penulis, yang dalam teori sastra sering disebut pendekatan (teori) ekspresif. Akan tetapi, sebagaimana diketahui bahwa dalam dunia penelitian sastra --mungkin juga dunia penelitian ilmiah lainnya-- karya sastra sebagai objek studi sastra tidak bergantung kepada teori, tetapi sebaliknya, objek studi sastra justru menentukan teori.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa > Balai Bahasa D.I.Yogyakarta
Depositing User: Mr Rasyid Ridho
Date Deposited: 07 Dec 2017 07:08
Last Modified: 07 Dec 2017 07:08
URI: http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item